Rabu, 13 Maret 2013

Hasil diskusi kelompok 6 tentang hasil simpulan jawaban dari kelompok 2


Tugas Simpulan Jawaban dari Pertanyaan Blog Kelompok 2

1.    Rahmi Nike Rosahin (A1B110035)
Apakah ada hubungan antara tujuan akhir dan tujuan intermedier dengan tujuan pengajaran yang dilakukan seorang guru. Berikan alasannya! Jika ada bagaimana kita sebagai calon guru menyiapkan hal tersebut untuk anak didik kita nanti?

Jawaban dari pertanyaan Nike = tujuan akhir dan tujuan intermedier itu sangat erat kaitannya
dengan proses belajar mengajar. Tujuan intermedier membuat pencapaian tujuan umum dengan
mudah. Tujuan tercapainya keberhasilan seorang guru dalam mengajar adalah saat evaluasi, guru
bisa melihat sampai mana murid menguasai materi yang diajarkan apabila murid banyak
menjawab dengan benar, berarti tujuan blajar tercapai.

2.     Muklis Dwi Putra (A1B110038)
"Dengan menyadari dan memahami “siapa Dia”, ”mengapa dia diadakan kedunia ini”, dan “harus kemana nantinya”. Konsepsi seperti ini sangat penting sebagai landasan filosofis dan dasar motivasi untuk melakukan aktivitas belajar-mengajar."
Saya pernah membaca ada konsep yang mirip dengan konsepsi diatas dari buku yang membahas ilmu tauhid dalam agama Islam yang bahasannya mirip dengan kutipan makalah kelompok kalian. yang berbunyi "Siapa yang menciptakan dirinya (manusia)?", "hidup di dunia untuk apa?", dan "kemana ia setelah kehidupan ini?"
Pertanyaan saya mengapa konsep yang saya baca itu mirip dengan konsepsi yang kelompok kalian sampaikan?
Apakah ada kemungkinan kalau konsep itu awalnya dari buku yang saya baca kemudian diubah atau bagaimana?

 Jawaban dari pertanyan Muklis Dwi Putra = Konsepsi merupakan  konsep dasar atau tujuan yang
ingin dicapai dalam segala hal termasuk agama maupun pendidikan. Pada hakikatnya konsepsi
tersebut adalah sama, karena tujuan manusia berputar dan selalu merujuk pada konsep dasar
tersebut, termasuk tujuan dalam agama maupun tujuan pendidikan.


3.     Dessy Amelia (A1B110024)
Di atas sudah kalian paparkan bahwa Tujuan pendidikan Nasional Indonesia adalah ingin membentuk manusia yang Pancasilais, yang ingin membentuk manusia-manusia pembangunan.
1. apa yang dimaksud dengan manusia-manusia pembangunan itu?
2. manusia pancasilais itu seperti apa, apakah sama dengan manusia pembangunan, karena saya belum memahami dari kalimat-kalimat di atas?

Jawaban dari pertanyaan Dessy = Manusia pembangunan dan manusia pancasilais pada
hakikatnya sama, karena  mempunyai tujuan dalam membentuk manusia yang berkarakter serta
berupaya untuk menciptakan dan meningkatkan kualitas hidup manusia.
Manusia pembangunan merupakan manusia yang dapat mengaktualisasikan potensi yang dimiliki dalam dirinya, pembangunan bukan hanya berjibaku dengan proses produksi maupun materil tetapi manusia pembangunan disini adalah manusia yang mampu memecahkan bermacam persoalan yang terjadi. Sedangkan, manusia pancasilais adalah manusia yang mampu mengamalkan sila-sila yang terdapat di dalam pancasila dan merealisasikan sila tersebut di kehidupan nyata.

4.    Rina Rahmawati (A1B110002)
untuk mencapai tujuan akhir maupun tujuan intermedier., kira-kira menurut kelompok, apa sih yang menjadi hambatan dalam mencapai tujuan2 tersebut? lalu bagaimana cara mengatasinya?

Jawaban dari pertanyaan Rina = penghambat dalam mencapai tujuan akhir maupun tujuan
intermedier dalam proses belajar mengajar salah satunya adalah kurikulum, kami sependapat
dengan jawaban dari kelompok 2 bahwa kurikulum lah yang mengakibatkan tujuan tersebut belum
tercapai sepenuhnya, adanya batasan-batasan dalam kurikulum membuat kinerja seorang guru
terhambat, tapi dengan adanya kurikulum kita dapat bersaing dengan pendidikan luar negri, dalam
artian pendidikan Indonesia mampu bersaing dengan pendidikan di luar sana. Inilah yang
menyebabkan pemerintah selalu melakukan pembaharuan terhadap kurikulum. Sebagai calon
pendidik tidaklah etis apabila kita menyalahkan kurikulum karena tujuan akhir dan intermedier itu
dapat tercapai tergantung kita sebagai guru yang melakukannya. Cara mengatasi hambatannya
adalah dengan menjadi guru yang memiliki tanggung jawab terhadap apa yang diembannya. Hal
itu kembali lagi kepada diri kita sendiri.

5.    Maulida Astuti (A1B110023)
Kalian menyebutkan tujuan pendidikan nasional adalah tujuan pendidikan yang ingin dicapai pada tingkat nasional. Apakah dengan dilaksanakannya ujian nasional, tujuan pendidikan nasional itu sudah tercapai? Menurut kalian, apakah ujian nasional itu perlu?

 Jawaban dari pertanyaan Maulida = Ujian Nasional sebenarnya perlu untuk dilakukan, adakalanya
kita wajib mengevaluasi secara keseluruhan bagaimana anak didik kita mampu memahami apa
yang dipelajarinya selama 3 tahun belajar di sekolah, yang memberatkan ujian nasional diadakan
adalah sistem yang menitikberatkan bahwa siswa harus mencapai angka minimal agar dapat lulus,
jika tidak lulus mengulang lagi 1 tahun atau mengikuti paket B atau C. Nah, disinilah letak
keberadaan Ujian Nasional itu harus atau tidak harus diadakan. Pemerintah mempunyai alasan
kenapa ujian nasional harus diadakan, untuk mengejar ketertinggalan pendidikan kita dengan luar
negri.

6.    Ahdiar Rahmat (A1B110011)
Menurut kalian apakah sudah sepenuhnya tujuan akhir tersebut tercapai? Berikan alasan penguatnya.
Lalu apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?

Jawaban dari pertanyaan Ahdiar = Tujuan akhir tercapai atau tidak? Hanya guru itu sendiri yang
tahu setelah dilakukan evaluasi terhadap anak didik. Tujuan dapat tercapai melalui banyak proses
seperti belajar di sekolah, mendengarkan penjelasan guru, dan mengerjakan evaluasi yang guru
berikan. Apabila keseluruhan proses itu berjalan baik maka tujuan akhir tercapai.

1 komentar:

  1. Learn the Difference Between the 2 Best Baccarat Sites
    Baccarat is a high-level game of 바카라 strategy, not skill. However, you can also win at other 1xbet korean types of baccarat games (eg, 제왕카지노 blackjack, and poker), and more.

    BalasHapus