Tugas
Simpulan Jawaban dari Pertanyaan Blog Kelompok 2
1. Rahmi
Nike Rosahin (A1B110035)
Apakah ada hubungan
antara tujuan akhir dan tujuan intermedier dengan tujuan pengajaran yang
dilakukan seorang guru. Berikan alasannya! Jika ada bagaimana kita sebagai calon
guru menyiapkan hal tersebut untuk anak didik kita nanti?
Jawaban
dari pertanyaan Nike = tujuan akhir dan tujuan intermedier itu sangat erat
kaitannya
dengan proses belajar mengajar. Tujuan intermedier membuat pencapaian
tujuan umum dengan
mudah. Tujuan tercapainya keberhasilan seorang guru dalam
mengajar adalah saat evaluasi, guru
bisa melihat sampai mana murid menguasai
materi yang diajarkan apabila murid banyak
menjawab dengan benar, berarti
tujuan blajar tercapai.
2. Muklis Dwi Putra (A1B110038)
"Dengan menyadari
dan memahami “siapa Dia”, ”mengapa dia diadakan kedunia ini”, dan “harus kemana
nantinya”. Konsepsi seperti ini sangat penting sebagai landasan filosofis dan
dasar motivasi untuk melakukan aktivitas belajar-mengajar."
Saya pernah membaca ada konsep yang mirip dengan konsepsi diatas dari buku yang membahas ilmu tauhid dalam agama Islam yang bahasannya mirip dengan kutipan makalah kelompok kalian. yang berbunyi "Siapa yang menciptakan dirinya (manusia)?", "hidup di dunia untuk apa?", dan "kemana ia setelah kehidupan ini?"
Pertanyaan saya mengapa konsep yang saya baca itu mirip dengan konsepsi yang kelompok kalian sampaikan?
Apakah ada kemungkinan kalau konsep itu awalnya dari buku yang saya baca kemudian diubah atau bagaimana?
Saya pernah membaca ada konsep yang mirip dengan konsepsi diatas dari buku yang membahas ilmu tauhid dalam agama Islam yang bahasannya mirip dengan kutipan makalah kelompok kalian. yang berbunyi "Siapa yang menciptakan dirinya (manusia)?", "hidup di dunia untuk apa?", dan "kemana ia setelah kehidupan ini?"
Pertanyaan saya mengapa konsep yang saya baca itu mirip dengan konsepsi yang kelompok kalian sampaikan?
Apakah ada kemungkinan kalau konsep itu awalnya dari buku yang saya baca kemudian diubah atau bagaimana?
Jawaban
dari pertanyan Muklis Dwi Putra = Konsepsi merupakan konsep dasar atau tujuan yang
ingin dicapai
dalam segala hal termasuk agama maupun pendidikan. Pada hakikatnya konsepsi
tersebut adalah sama, karena tujuan manusia berputar dan selalu merujuk pada
konsep dasar
tersebut, termasuk tujuan dalam agama maupun tujuan pendidikan.
3. Dessy Amelia (A1B110024)
Di atas sudah kalian
paparkan bahwa Tujuan pendidikan Nasional Indonesia adalah ingin membentuk
manusia yang Pancasilais, yang ingin membentuk manusia-manusia pembangunan.
1. apa yang dimaksud dengan manusia-manusia pembangunan itu?
2. manusia pancasilais itu seperti apa, apakah sama dengan manusia pembangunan, karena saya belum memahami dari kalimat-kalimat di atas?
1. apa yang dimaksud dengan manusia-manusia pembangunan itu?
2. manusia pancasilais itu seperti apa, apakah sama dengan manusia pembangunan, karena saya belum memahami dari kalimat-kalimat di atas?
Jawaban
dari pertanyaan Dessy = Manusia pembangunan dan manusia pancasilais pada
hakikatnya sama, karena mempunyai tujuan
dalam membentuk manusia yang berkarakter serta
berupaya untuk menciptakan dan
meningkatkan kualitas hidup manusia.
Manusia pembangunan
merupakan manusia yang dapat mengaktualisasikan potensi yang dimiliki dalam
dirinya, pembangunan bukan hanya berjibaku dengan proses produksi maupun
materil tetapi manusia pembangunan disini adalah manusia yang mampu memecahkan
bermacam persoalan yang terjadi. Sedangkan, manusia pancasilais adalah manusia
yang mampu mengamalkan sila-sila yang terdapat di dalam pancasila dan
merealisasikan sila tersebut di kehidupan nyata.
4. Rina
Rahmawati (A1B110002)
untuk mencapai tujuan
akhir maupun tujuan intermedier., kira-kira menurut kelompok, apa sih yang
menjadi hambatan dalam mencapai tujuan2 tersebut? lalu bagaimana cara
mengatasinya?
Jawaban
dari pertanyaan Rina = penghambat dalam mencapai tujuan akhir maupun tujuan
intermedier dalam proses belajar mengajar salah satunya adalah kurikulum, kami
sependapat
dengan jawaban dari kelompok 2 bahwa kurikulum lah yang
mengakibatkan tujuan tersebut belum
tercapai sepenuhnya, adanya batasan-batasan
dalam kurikulum membuat kinerja seorang guru
terhambat, tapi dengan adanya
kurikulum kita dapat bersaing dengan pendidikan luar negri, dalam
artian pendidikan
Indonesia mampu bersaing dengan pendidikan di luar sana. Inilah yang
menyebabkan pemerintah selalu melakukan pembaharuan terhadap kurikulum. Sebagai
calon
pendidik tidaklah etis apabila kita menyalahkan kurikulum karena tujuan
akhir dan intermedier itu
dapat tercapai tergantung kita sebagai guru yang
melakukannya. Cara mengatasi hambatannya
adalah dengan menjadi guru yang
memiliki tanggung jawab terhadap apa yang diembannya. Hal
itu kembali lagi
kepada diri kita sendiri.
5. Maulida
Astuti (A1B110023)
Kalian menyebutkan
tujuan pendidikan nasional adalah tujuan pendidikan yang ingin dicapai pada
tingkat nasional. Apakah dengan dilaksanakannya ujian nasional, tujuan
pendidikan nasional itu sudah tercapai? Menurut kalian, apakah ujian nasional
itu perlu?
Jawaban
dari pertanyaan Maulida = Ujian Nasional sebenarnya perlu untuk dilakukan,
adakalanya
kita wajib mengevaluasi secara keseluruhan bagaimana anak didik kita
mampu memahami apa
yang dipelajarinya selama 3 tahun belajar di sekolah, yang
memberatkan ujian nasional diadakan
adalah sistem yang menitikberatkan bahwa
siswa harus mencapai angka minimal agar dapat lulus,
jika tidak lulus mengulang
lagi 1 tahun atau mengikuti paket B atau C. Nah, disinilah letak
keberadaan
Ujian Nasional itu harus atau tidak harus diadakan. Pemerintah mempunyai alasan
kenapa ujian nasional harus diadakan, untuk mengejar ketertinggalan pendidikan
kita dengan luar
negri.
6. Ahdiar
Rahmat (A1B110011)
Menurut kalian apakah
sudah sepenuhnya tujuan akhir tersebut tercapai? Berikan alasan penguatnya.
Lalu apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?
Lalu apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?
Jawaban
dari pertanyaan Ahdiar = Tujuan akhir tercapai atau tidak? Hanya guru itu
sendiri yang
tahu setelah dilakukan evaluasi terhadap anak didik. Tujuan dapat
tercapai melalui banyak proses
seperti belajar di sekolah, mendengarkan
penjelasan guru, dan mengerjakan evaluasi yang guru
berikan. Apabila
keseluruhan proses itu berjalan baik maka tujuan akhir tercapai.
Learn the Difference Between the 2 Best Baccarat Sites
BalasHapusBaccarat is a high-level game of 바카라 strategy, not skill. However, you can also win at other 1xbet korean types of baccarat games (eg, 제왕카지노 blackjack, and poker), and more.